Cerita Indonesia

Cerita seru Indonesia berdasarkan sudut pandang penulis yang lahir dan bangga sebagai anak Indonesia.

Belajar

Kewajiban dan Kebutuhan Manusia untuk belajar tentang berbagai studi menarik bagi penulis, semoga kalian juga tertarik.

Pemrograman

Ilmu yang menarik dan sangat berguna bagi kehidupan komputasi penulis dan kalian semua.

Tutorial

Semua hal menarik dalam hidup yang perlu dilakukan dengan hati-hati dan diperlukan wawasan agar dapat melakukan sesuatu dengan mudah.

Resep

Hobi penulis dan ketertarikan penulis akan resep-resep ibu yang sangat lezat.

Resep Kue Engkak Tradisional Jambi - EKSKLUSIF LEBARAN

Resep Kue Engkak Tradisional Jambi
Kue Engkak adalah kue lapis tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan, sehingga kue ini akan terasa kenyal dan manis, dan memiliki aroma khas dari bumbu spekuk, kue ini biasanya disajikan di saat momen lebaran. Berikut saya paparkan Resep Kue Engkak yang seringkali keluarga saya sajikan di saat momen-momen lebaran.
Bahan :
1. Tepung Ketan 1 Bungkus (500 gr)
2. Telur (10 Butir) - ukur pakai gelas untuk menentukan gula nanti nya
3. Gula Pasir sama banyak dengan Telur (ukur pakai gelas)
4. Santan yang telah dimasak (4 gelas)
5. Mentega (6 sdm)
6. Bumbu spekuk (1 Bungkus/1 sdt)
7. Vanili (1 Bungkus)

Alat :
1. Kocokan Tangan
2. Oven Kue Lapis
3. Cetakan/Loyang + Kertas Minyak
4. Alat penekan kue + Oles Mentega
5. Gelas Biasa/Gelas Ukur (2 Gelas) *untuk ukuran adonan per lapisan

Cara Membuat Adonan :
1. Aduk Gula dan telur (bukan mixer) hingga tercampur rata dan telur telah hancur
2. Selanjutnya, Masukkan santan yang telah dimasak, aduk hingga rata
3. Kemudian, Masukkan tepung ketan, aduk hingga rata (memang agak lama)
4. Lanjutkan, Masukkan Mentega, Aduk hingga rata (wajar jika mentega masih menggumpal kecil-kecil)
5. Masukkan Vanili dan Bumbu spekuk, Aduk Hingga rata
6. Adonan Kue Engkak siap di cetak.

Cara Memasak dan Mencetak :
1. Adonan Kue Engkak dibagi dua : warna original dan warna coklat/hijau/sesuai selera.
2. Siapkan cetakan yang telah dilapisi kertas minyak pada bagian bawahnya saja, agar nanti mudah dilepas dari cetakan
3. Masukkan loyang/cetakan pada oven
4. Isi lapisan pertama dengan adonan original, lalu tutup oven, dan tunggu hingga matang/berubah warna menjadi kuning kecoklatan *jangan lupa tekan kue sebelum menuang lapisan yang baru
5. Lanjutkan isi lapisan kedua dengan warna hijau, lalu tutup oven, dan tunggu hingga matang/berubah warna menjadi kuning kecoklatan *jangan lupa tekan kue sebelum menuang lapisan yang baru
6. Ulangi langkah 4
7. Ulangi langkah 5
8. Kue akan terbentuk lapisan yang cantik dan siap disajikan disaat lebaran.

Terimakasih telah membaca, selamat mencoba, semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan saran dan kritik bisa langsung beri komentar nya, atau bisa juga hubungi kontak email saya yang tertera di blogger... Semangat!! Mohon maaf lahir dan batin semuaa..

Contoh lanjutan Instruksi Pengulangan Bahasa Pascal

Contoh-contoh Instruksi Pengulangan Bahasa Pascal
Pelajari cara melakukan pengulangan dalam bahasa Pascal dengan mudah melalui materi dan contoh yang disajikan di blog ini. Blog ini memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan loop dalam bahasa Pascal untuk mengulang kode tertentu dengan efisien. Berikut akan disajikan contoh-contoh program instruksi pengulangan bahasa pascal yang merupakan lanjutan pembahasan tulisan terkait instruksi pengulangan bahasa pascal. ayo disimak !!
Contoh-contoh :
Program genap
Program yang meminta masukan N dan masukan angka-angka sebanyak N. Program akan menghitung jumlah nilai bilangan yang genap-genap saja. Misal pengguna ingin memasukkan 3 bilangan. 
program genapsaja;
uses crt;
var
n,i,x,Jumlah_genap: integer;
begin
clrscr;
write('Masukkan Jumlah bilangan = ');
readln(n);
i:=0;
while i<=n do
begin
    write('Masukkan bilangan ke-',i,'= ');
    readln(x);
    if x mod 2=0 then
        Jumlah_genap := Jumlah_genap + x;
    i:=i+1;
end;
writeln('Jumlah bilangan genap = ',Jumlah_genap);
readln;
end.
Harga Fotokopian
Buatlah tabel harga fotokopian dari 1 –100 lembar, dimana harga perlembar kertas adalah 125 rupiah!
program harga_fc;
const
hrg= 125;
var
n: integer;
begin
writeln('TABEL HARGA FOTOKOPI');
writeln('|-------------||--------------|');
writeln('|LEMBAR ||HARGA |');
n := 1;
while n <= 100 do
begin
    writeln('|',n,' ||',n*hrg,' |');
    n := n +1 ;
end;
readln;
end.
Program Hitung Usia
Dibaca data usia N orang mahasiswa dari masukan. program menghitung jumlah mahasiswa yang berusia 17 tahun, 18 tahun, 19 tahun, dan 20 tahun, dan jumlah mahasiswa yang berusia selain itu. 
program Hitungjumlah;
uses crt
var
n,i,umur,u17,u18,u19,u20,ulain: integer;
begin
clrscr;
write('Masukkan Jumlah siswa = '); readln(n);
u17:=0;
u18:=0;
u19:=0;
u20:=0;
ulain:=0;
i:=1;
while i<=n do
begin
    write('Masukkan usia mahasiswa ke-',i,' ='); readln(umur);
    if (umur=17) then
        u17:= u17+1;
    if (umur=18) then
        u18:= u18+1;
    if (umur=19) then
        u19:= u19+1;
    if (umur=20) then
        u20:= u20+1;
    if (umur<17) or (umur>20) then
        ulain:=ulain+1;
    i:=i+1;
end;
writeln('Jumlah mahasiswa berusia 17 =',u17);
writeln('Jumlah mahasiswa berusia 18 =',u18);
writeln('Jumlah mahasiswa berusia 19 =',u19);
writeln('Jumlah mahasiswa berusia 20 =',u20);
writeln('Jumlah mahasiswa berusia lain = ',ulain);
readln;
end.
Program Lagu Anak Ayam
Menggunakan struktur while-do, program meminta masukan angka N. Program akan menuliskan teks lagu Anak Ayam Turun N. Misal jika N=5 maka pada layar ouput:
Masukkan jumlah anak ayam: 5
Anak Ayam Turun 5
Anak Ayam turun 5, mati satu tinggal 4
Anak Ayam turun 4, mati satu tinggal 3
Anak Ayam turun 3, mati satu tinggal 2
Anak Ayam turun 2, mati satu tinggal 1 
Anak Ayam turun 1, mati satu tinggal induknya.
Program LaguAnakAyam;
uses crt;
var
angka,n : integer;
begin
write ('Masukkan Jumlah anak ayam : ');
readln (n);
writeln('Anak Ayam Turun ', n);
angka := n;
while angka >= 1 do
begin
    if angka = 1 then
    writeln ('Anak ayam turun ',angka,',Mati satu tinggal induknya')
    else
    writeln ('Anak ayam turun ',angka,',Mati satu tinggal ',angka-1);
    angka := angka-1;
end;
readln;
end.
Ptogram Mencetak Angka
1. Program untuk mencetak output seperti di bawah ini dimana yang diinput hanya jumlah barisnya saja.
0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
9 8 7 6 5 4 3 2 1 0
0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
9 8 7 6 5 4 3 2 1 0
0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
2. Modifikasi sedemikian sehingga outputnya menjadi:
segitiga rata kiri
segitiga rata kanan
segitiga rata tengah
3. Modifikasi sedemikian sehingga outputnya menjadi:
segitiga rata kiri
segitiga rata kanan
segitiga rata tengah
4. Buatlah program yang outputnya segitiga pascal.
Keterangan : Keempat Program Mencetak Angka penulis gabungkan kedalam satu program dengan pemilihan case of sesuai program yang diinginkan. Dapat di akses melalui link drive berikut Program Mencetak Angka

Materi terkait instruksi pengulangan bahasa pascal. klink tautan berikut atau cari di kolom pencarian untuk melihat materi terkait instruksi pemilihan  bahasa pascal.

Terima Kasih Telah Membaca semoga bermanfaat, jika ada saran, kritik, dan pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar ya !!! see you...

Instruksi Pengulangan Bahasa Pascal : Materi dan Contoh

Instruksi Pengulangan Bahasa Pascal
Sebelumnya kita telah mengetahui bagaimana membangun loop pengulangan menggunakan alat pernyataan percabangan seperti GOTO untuk mentransfer kontrol program ke titik awal berulang kali.
Kondisi ini dapat digunakan untuk menguji nilai input dan untuk mengakhiri loop ketika nilai tertentu diterima. Anda mungkin juga ingin mengulangi proses dalam loop beberapa kali, dalam hal ini Anda memerlukan penghitung. Kondisi dalam hal ini digunakan untuk menguji penghitung dengan setiap putaran loop. Jenis loop ini disebut loop hitung. Dalam program berikut, alat dasar ini digunakan untuk menampilkan pesan "Sorry, say again.." lima kali.
Algoritma yang digunakan dalam program ini adalah sebagai berikut:
1. Inisialisasi penghitung ke nol.
2. Naikkan penghitung sebesar 1.
3. Uji penghitung untuk melihat apakah kurang dari atau sama dengan 5.
4. Tampilkan pernyataan.
5. Lanjutkan ke langkah 2.
6. Pengulangan berhenti saat uji penghitungan lebih besar dari 5

{ ------------------------------ CONTOH ------------------------------ }

PROGRAM GoToLoop(OUTPUT);
LABEL
    1000; { label declaration }
VAR
    Kounter :INTEGER;
BEGIN
    Kounter := 0;
    1000:
    Kounter := Kounter + 1;
    IF Kounter <= 5 THEN
        BEGIN
        WRITELN('Sorry, say again..');
        GOTO 1000 { restart }
        END;
WRITELN;
WRITELN('Press ENTER to continue..');
READLN
END.

Dalam program ini penghitung diinisialisasi ke nilai nol sebelum memasuki loop, yang dimulai pada label 1000. Di dalam loop, penghitung bertambah, kemudian diuji untuk melihat apakah nilainya kurang dari atau sama dengan 5. Jika demikian, pernyataan WRITELN dieksekusi dan loop diulang menggunakan pernyataan GOTO. Jika kondisi gagal (mis., Penghitung melebihi 5), program berakhir. Output dari program ini terlihat seperti ini :
Pascal memberi Anda struktur kontrol siap pakai untuk perulangan, sehingga Anda dapat menghindari kode yang berantakan dan penulisan terlalu banyak. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar struktur pengulanngan The FOR loop, The WHILE loop, dan The REPEAT loop.

Kesimpulan berbagai kondisi Instruksi Pengulangan Bahasa Pascal :

1. Loop FOR digunakan untuk mengulangi pernyataan atau blok pernyataan beberapa kali. Konstruk umumnya :
FOR control-variable := expression-1 TO expression-2 DO
    statement;

dimana control-variable adalah penghitung loop/banyaknya pengulangan, expression-1 adalah nilai inisiasi/awal, dan expression-2 adalah nilai akhir.

2. Bentuk alternatif dari loop FOR digunakan untuk mengurangi penghitung (Descending):
FOR control-variable := expression-1
DOWNTO expression-2 DO
    statement;


3. Loop WHILE digunakan untuk mengeksekusi pernyataan atau blok pernyataan selama kondisi tertentu adalah TRUE. Konstruk umumnya :
WHILE condition DO
    statement;


4. Dengan loop FOR dan WHILE, Anda dapat menggunakan beberapa pernyataan dengan memasukkannya ke dalam blok BEGIN-END.

5. Loop REPEAT digunakan untuk mengeksekusi sekelompok pernyataan hingga kondisi yang ditentukan gagal. Konstruk umumnya:
REPEAT
    statement-1;
    statement-2;
    ...
    statement-n;
UNTIL condition;


6. Sekarang kita mengetahui bahwa perbedaan utama antara loop REPEAT dan dua lainnya adalah bahwa pernyataan di dalam loop REPEAT dieksekusi setidaknya sekali terlepas dari kondisinya.

7. kita juga memahami bahwa loop REPEAT dapat menangani banyak pernyataan tanpa menggunakan blok BEGIN-END.

Contoh-contoh instruksi pengulangan bahasa pascal :
Program Deret
Program untuk menghitung jumlah deret: 1 – 1/3 + 1/5 – 1/7 + 1/9 - ... ± 1/N
Dimana N adalah bilangan ganjil positif yang dibaca dari masukan pengguna.
program deret;
uses crt;
var
N,i,j : integer;
nilai,total : real;
begin
clrscr;
write ('Masukkan N bilangan ganjil positif = ');
readln (N);
i := 1;
j := 1;
total := 0;
while (i<=N) do
begin
    if (j mod 2 =0) then nilai := (-1)/i
    else nilai := 1/i ;
    write (nilai :2:2,' ');
    total := total + nilai;
    i := i+2;
    j := j+1;
end;
writeln;
write ('= ', total:2:2);
readln;
end.
Contoh - contoh lanjutan terkait instruksi pengulangan bahasa pascal. klink tautan berikut atau cari di kolom pencarian untuk melihat contoh-contoh lain terkait instruksi pengulangan bahasa pascal.

Terima Kasih Telah Membaca semoga bermanfaat, jika ada saran, kritik, dan pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar ya !!! suara kalian sangat berarti...see you...

Referensi : 
Abolrous, Sam A.2002.Learn Pascal in Three Days Third Edition.Texas:Wordware Publishing Inc

Contoh Lanjutan Instruksi Pemilihan Bahasa Pascal

Contoh-contoh Instruksi Pemilihan Bahasa Pascal
Berikut akan disajikan contoh-contoh program instruksi bahasa pascal yang merupakan lanjutan pembahasan tulisan terkait instruksi pemilihan bahasa pascal.
Contoh-contoh :
Program bonus pegawai
Pegawai perusahaan digolongkan menjadi dua golongan, yaitu staf dan non staf. Staf akan mendapatkan bonus sebesar 1 juta rupiah dengan syarat bahwa ia telah bekerja paling tidak 5 tahun dan umurnya sudah mencapai 50 tahun; staf yang bekerja kurang dari 5 tahun dan berapapun umurnya, hanya mendapat bonus sebesar Rp. 500.000. Pegawai non staf yang telah bekerja lebih dari 5 tahun akan mendapat bonus sebesar Rp. 400.000 jika berumur lebih dari 50 tahun sedangkan pegawai non staf yang berumur kurang dari 50 tahun hanya mendapat bonus Rp. 250.000. Pegawai staf yang umurnya kurang dari 50 tahun akan mendapat bonus Rp. 300.000

Program bonus_karyawan;

uses crt;

type

              jabatan =(staf,nonstaf);

var

nama:string;

golongan : jabatan;

umur,bekerja : integer;

 

begin

              clrscr;

              writeln ('PENENTUAN BONUS PEGAWAI');

              writeln ('=======================');

              writeln ('!masukkan data dengan jujur!');

              write ('Nama : ');

              readln (nama);

              write ('Masukkan golongan anda staf/nonstaf : ');

              readln (golongan);

              write ('Lama Bekerja (tahun) : ');

              readln (bekerja);

              write ('Umur (tahun) : ');

              readln (umur);

             

 

              if golongan=staf then

              begin

                             if (bekerja>=5) and (umur>=50) then

                                           begin

                                           writeln ('BONUS ANDA 1000000 RUPIAH');

                                           end;

                             if (bekerja<5) then

                                           begin

                                           writeln ('BONUS ANDA 500000 RUPIAH');

                                           end;

                             if (umur<50) then

                                           begin

                                           writeln ('BONUS ANDA 300000 RUPIAH');

                                           end;

              end

              else

              begin

                             if (bekerja>5) or (umur>=50) then

                             begin

                             writeln ('BONUS ANDA 400000 RUPIAH');

                             end

                             else

                             begin

                             if (bekerja<5) and (umur<50) then

                                           begin

                                           writeln ('BONUS ANDA 250000 RUPIAH');

                                           end;

                             end;

              end;

              readkey;

end.

 

Program hasil pengukuran suhu (derajat celcius)
a. Suhu sama atau kurang dari 0 (nol) tuliskan ‘beku’.
b. Suhu lebih dari 0 (nol) dan kurang dari 100 tuliskan ‘cair’, dan
c. Suhu sama atau lebih dari 100 tuliskan ‘uap’.

Program suhu_air;

Uses Crt;

Var

    Suhu: Integer;

Begin

    Clrscr;

    Writeln('PROGRAM MENENTUKAN KONDISI AIR');

    Writeln('==============================');

    Write('Masukkan Suhu Air (Celcius) = ');

    Readln(Suhu);

    If suhu<=0 then

        begin 

           writeln('BEKU');

        end;

    if (suhu>0) and (suhu<100) then

        begin

           writeln('CAIR');

        end;

    if suhu>=100 then

        begin

           writeln('UAP');

        end;

    Readln;

end.

 

Program Jadwal Mata Kuliah

Senin mata kuliah yang diberikan Algoritma dan Pemrograman I
Selasa mata kuliah yang diberikan Kalkulus
Rabu mata kuliah yang diberikan Bahasa Indonesia
Kamis mata kuliah yang diberikan Pengantar Teknik Informatika
Jum’at mata kuliah yang diberikan Bahasa Inggris
Sabtu mata kuliah yang diberikan Basis Data

program Hari_matkul;

uses crt;

var

hari,senin,selasa,rabu,kamis,jumat,sabtu : string;

begin

              writeln ('JADWAL MATA KULIAH');

              writeln ('==================');

              writeln ('!silakan cek mata kuliah anda!');

              write ('Masukkan Hari (senin/selasa/rabu/kamis/jumat/sabtu) : ');

              readln (hari);

             

              if hari='senin' then

                             begin

                             writeln('Hari senin anda belajar pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman');

                             end;

              if hari='selasa' then

                             begin

                             writeln('Hari senin anda belajar pada mata kuliah Kalkulus');

                             end;

              if hari='rabu' then

                             begin

                             writeln('Hari senin anda belajar pada mata kuliah Bahasa Indonesia');

                             end;

              if hari='kamis' then

                             begin

                             writeln('Hari senin anda belajar pada mata kuliah Pengantar Teknik Informatika');

                             end;

              if hari='jumat' then

                             begin

                             writeln('Hari senin anda belajar pada mata kuliah Bahasa Inggris');

                             end;

              if hari='sabtu' then

                             begin

                             writeln('Hari senin anda belajar pada mata kuliah Basis Data');

                             end;

             

              writeln ('SELAMAT BELAJAR!');

 

              readln;

end.


Program Menu
Mempunyai menu sebagai berikut:
MENU
1. Baca data
2. Cetak data
3. Ubah data
4. Hapus data
5. Keluar program

program coba;

uses crt ;

label

atas ;

var

pilihan : byte;

nama,nim,kelas,asal : string ;

lagi : char ;

begin

clrscr;

atas :

writeln('          MENU                        ');

writeln('1. BACA DATA       ');

writeln('2. CETAK DATA    ');

writeln('3. UBAH DATA      ');

writeln('4. HAPUS DATA    ');

writeln('5. KELUAR PROGRAM');

write('PILIH MENU: ');

readln (pilihan);

Case Pilihan of

    1 : Begin

            writeln('INPUT DATA ANDA');

            writeln('---------------');

            write ('Nama :' );

            readln (nama) ;

            write ('NIM :' );

            readln (nim) ;

            write ('Kelas :' );

            readln (kelas) ;

            write ('Asal Kota :' );

            readln (asal) ;

            writeln('---------------');

            writeln('Terima Kasih');

            writeln('SELANJUTNYA SILAKAN CETAK DATA');

         End;

    2 : Begin

            writeln('CETAK DATA ANDA');

            writeln('---------------');

            writeln ('Nama :',nama );

            Writeln ('NIM :',nim );

            writeln ('Kelas :',kelas );

            writeln ('Asal Kota :',asal );

            writeln('---------------');

            writeln('Terima Kasih');

            writeln('SELAMAT BERAKTIVITAS');

         End;

    3 : Begin

            writeln('UBAH DATA ANDA');

            writeln('---------------');

            write ('Nama :' );

            readln (nama) ;

            write ('NIM :' );

            readln (nim) ;

            write ('Kelas :' );

            readln (kelas) ;

            write ('Asal Kota :' );

            readln (asal) ;

            writeln('---------------');

            writeln('Terima Kasih');

            writeln('SELANJUTNYA SILAKAN CETAK DATA');

          End;

    4 : Begin

            writeln('HAPUS DATA ANDA');

            writeln('---------------');

            writeln('DATA ANDA DIHAPUS');

          End;

    5 : Begin

            writeln ('Keluar Program Pilih T')

          End;

  Else

        Begin

            Writeln ('Pilihannya hanya 1, 2, 3, 4, 5 !!!' );

            Writeln ('silahkan ulangi lagi' );

         End ;

  End ;

  write ('ULANGI [Y/T] : ');

  readln (lagi);

  if (lagi = 'Y') then

  goto atas;

readln;

end.


Program Kalkulator
Simulasikan sebuah kalkulator sederhana untuk melakukan operasi aritmatika.

Program kalkulator_sederhana;

uses crt;

var

a,c,d : integer;

operasi :char;

begin

clrscr;

writeln('PETUNJUK:');

writeln('1. Masukkan angka pertama');

writeln('2. Masukkan operator (+, -, /, *)');

writeln('3. Masukkan Angka kedua');

writeln ('-------------------------------');

writeln('KALKULATOR SEDERHANA: ');

writeln ('------------------------------');

write('Masukkan angka: '); readln(a);

write('Operator: '); readln(Operasi);

write('Angka ke dua: '); readln(c);

case operasi of

'+': d:=a + c;

'-': d:=a - c;

'/': d:=a div c;

'*': d:=a * c;

end;

writeln('Hasil: ',d);

readln;

end.


Program Menentukan Hari
Program yang membaca sebuah integer, dari 1 sampai dengan 7, dan menuliskan nama hari yang bersesuaian dengannya di layar.

program harihari;

uses crt ;

var

angka : integer;

begin

clrscr;

writeln ('Menentukan Hari-hari');

writeln ('--------------------');

write('Masukkan angka (1-7) : ');

readln (angka);

write ('Angka Tersebut menunjukkan Hari ');

Case angka of

1 : writeln('Ahad');

2 : writeln ('Senin');

3 : writeln('Selasa');

4 : writeln ('Rabu');

5 : writeln ('Kamis');

6 : writeln('Jumat');

7 : writeln ('Sabtu');

else writeln ('angka salah');

end;

readln;

end.


Program Menentukan Hasil Ujian
Jika pengguna menginputkan nilai diluar 0 s.d. 100 maka program langsung memberikan pesan salah menginput nilai kemudian selesai.

program coba5;

uses crt;

Var

angka : integer;

begin

clrscr;

writeln ('KETERANGAN NILAI');

writeln ('----------------');

write ('Masukkan Nilai Anda : ');

readln (angka);

if (angka>100) or (angka<0) then

              writeln ('Anda Salah Input Nilai');

              readln;

              exit;

case angka of

0..59 : writeln ('Anda tidak lulus');

60..100 :

              begin

              write ('Anda Lulus ');

                             case angka of

                             60..69 : writeln ('dengan Cukup Memuaskan');

                             70..79 : writeln ('dengan Baik');

                             80..100 : writeln ('dengan Sangat Baik');

                             end;

              end;

else writeln ('Anda Salah Input Nilai');

end;

readln;

end.


Program Menentukan Hasil Ujian
Modifikasi nested(Bersarang) CASE berubah menjadi single CASE tanpa mengubah output program.

program coba5;

uses crt;

Var

angka : integer;

begin

clrscr;

writeln ('KETERANGAN NILAI');

writeln ('----------------');

write ('Masukkan Nilai Anda : ');

readln (angka);

case angka of

0..59 : writeln ('Anda tidak lulus');

60..69 : writeln ('Anda Lulus dengan Cukup Memuaskan');

70..79 : writeln ('Anda Lulus dengan Baik');

80..100 : writeln ('Anda Lulus dengan Sangat Baik');

else writeln ('Anda Salah Input Nilai');

end;

readln;

end.


Materi terkait instruksi pemilihan bahasa pascal. klink tautan berikut atau cari di kolom pencarian untuk melihat materi terkait instruksi pemilihan  bahasa pascal.

Terima Kasih Telah Membaca semoga bermanfaat, jika ada saran, kritik, dan pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar ya !!! see you...

Instruksi Pemilihan Bahasa Pascal : Materi dan Contoh

Instruksi Pemilihan Bahasa Pascal
Dalam kehidupan nyata, kita biasanya perlu mengambil keputusan sesuai dengan kondisi yang ditentukan. Kondisi sederhana seperti:
"Jika dingin maka kenakan mantel Anda."
Dalam pernyataan ini tindakan yang dihasilkan diambil jika kondisi dievaluasi sebagai BENAR (cuaca dingin). Namun, jika cuacanya baik-baik saja, seluruh pernyataan dilewati. Beberapa kondisi dapat berlipat ganda, seperti yang ada dalam percakapan berikut:
"Baiklah, jika saya kembali lebih awal dari kerja, sampai jumpa malam ini; kalau tidak jika sudah terlambat aku akan membuatnya besok; kalau tidak jika kakakku tiba besok kita bisa berkumpul pada hari Selasa; lain jika Selasa adalah hari libur maka biarlah hari Rabu; kalau tidak, aku akan memanggilmu untuk mengatur pertemuan berikutnya!"
Dalam Pascal ada dua struktur kontrol yang digunakan untuk menangani kondisi dan keputusan yang dihasilkan yaitu konstruksi pilihan biner IF-THEN-ELSE dan konstruksi pilihan ganda CASE.

Kesimpulan berbagai kondisi Instruksi Pemilihan Bahasa Pascal :

1. Pernyataan IF-THEN sederhana yang digunakan dengan keputusan sederhana, dengan syntax :
IF condition THEN
    statement;


2. Konstruksi IF-THEN-ELSE lengkap yang berisi hasil dan hasil alternatif/hasil lainnya jika False, dengan syntax :
IF condition THEN
    statement
ELSE
    statement;


3. Kondisi rumit menggunakan tangga ELSE-IF (If else berjenjang), dengan syntax :
IF condition-1 THEN
    statement-1
ELSE IF condition-2 THEN
    statement-2
ELSE IF condition-3 THEN
    statement-3
...

ELSE
    statement-n;


4. Alternatif untuk tangga bersarang, konstruksi IF-THEN-ELSE di dalam satu sama lain (If else bersarang/nested), dengan syntax :
IF condition-1 THEN
    IF condition-2 THEN
        ...

        IF condition-n THEN
            statement-n1
        ELSE
            statement-n2
        ...

    ELSE
        statement-2
ELSE
    statement-1;


5. Menggunakan CASE konstruksi pilihan ganda, yang siap menangani banyak kasus, dengan syntax :
CASE expression OF
    label-1 : statement-1;
    label-2 : statement-2;
    ...

    label-n : statement-n;
END


6. Dalam Turbo Pascal, konstruksi CASE memiliki lebih banyak fitur, karena bisa berisi bagian ELSE yang menangani semua kasus lain yang tidak sesuai dengan label (CASE menggunakan ELSE), dengan syntax :
CASE expression OF
    label-1 : statement-1;
    label-2 : statement-2;
    ...

    label-n : statement-n;
ELSE
    statement
END


Kita juga dapat mengganti satu pernyataan dengan blok pernyataan menggunakan blok BEGIN-END.

7. Anda juga diperkenalkan dengan pernyataan percabangan tanpa syarat GOTO, yang mentransfer kontrol program ke pernyataan berlabel, dengan syntax :

GOTO label;

Label dalam Pascal standar adalah bilangan bulat positif hingga empat digit, sedangkan dalam Turbo Pascal itu bisa menjadi pengidentifikasi yang valid atau mungkin dimulai dengan angka.
Anda perlu mendeklarasikan label di awal bagian deklarasi program. Di Turbo Pascal, bagian LABEL tidak perlu menjadi bagian pertama.
Akhirnya, Anda bertemu dengan pernyataan Turbo Pascal EXIT, yang mengakhiri program kapan saja. Pada bab berikutnya, Anda melanjutkan diskusi tentang struktur kontrol dan belajar bagaimana membangun loop terstruktur.

Contoh-contoh instruksi pemilihan bahasa pascal :

Program Pascal untuk mengetahui apakah sebuah bilangan merupakan prima.

Program Bilangan_Prima;

Uses Crt;

Var

X,Faktor,j,Jum_Faktor:Integer;

Begin

Clrscr;

Write('Masukkan Bilangan: ');

Readln(X);

Faktor := 2;

Jum_Faktor := 0;

While (Faktor<=X) Do

    Begin

        If X Mod Faktor=0 Then

        Faktor := Faktor+1;

        Begin

        j:=2;

        while (j<=faktor)do

            Begin

            If faktor Mod j=0 Then

                       Begin

                       Writeln(j);

                       Jum_Faktor := Jum_Faktor+1;

                       End;

            j := j+1;

            End;

        If Jum_Faktor=1 Then

            Begin

            Writeln('Bilangan Yang Anda Masukkan Adalah Bilangan Prima');

            End

            Else

            Begin

             Writeln('Bilangan Yang Anda Masukkan Adalah Bukan Bilangan Prima');

            end;

        end;

    end;

Readln;

end.

Program membaca ketentuan zakat. 

Zakat hanya dikenakan kepada orang yang mampu. Misalnya, untuk saat ini, batas minimal (nishab) harta yang terkena zakat adalah Rp 2.500.000,-. Artinya seseorang yang hartanya kurang dari nilai tersebut tidak dikenai/diwajibkan zakat. Besar zakat yang dibayarkan adalah 2,5% dari harta yang dimiliki. dan jika orang tersebut tidak wajib zakat, tuliskan pesan ”Harta Anda belum mencapai batas minimal (nishab)” di layar!

program bayar_zakat;

uses crt;

var

harta,zakat,total : real ;

begin

write ('Input Banyak Harta : ');

readln(harta);

if harta >= 2500000 then

              begin

              zakat := (2.5/100)*harta;

              writeln ('Banyaak zakat yang harus anda bayar adalah ',zakat:10:2);

              end

else writeln ('Harta anda belum mencapai batas minimal (nishab)');

end.


Contoh - contoh lanjutan terkait instruksi pemilihan bahasa pascal. klink tautan berikut atau cari di kolom pencarian untuk melihat contoh-contoh lain terkait instruksi pemilihan bahasa pascal.

Terima Kasih Telah Membaca semoga bermanfaat, jika ada saran, kritik, dan pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar ya !!! suara kalian sangat berarti...see you...

Referensi : 
Abolrous, Sam A.2002.Learn Pascal in Three Days Third Edition.Texas:Wordware Publishing Inc