Cerita Indonesia

Cerita seru Indonesia berdasarkan sudut pandang penulis yang lahir dan bangga sebagai anak Indonesia.

Belajar

Kewajiban dan Kebutuhan Manusia untuk belajar tentang berbagai studi menarik bagi penulis, semoga kalian juga tertarik.

Pemrograman

Ilmu yang menarik dan sangat berguna bagi kehidupan komputasi penulis dan kalian semua.

Tutorial

Semua hal menarik dalam hidup yang perlu dilakukan dengan hati-hati dan diperlukan wawasan agar dapat melakukan sesuatu dengan mudah.

Resep

Hobi penulis dan ketertarikan penulis akan resep-resep ibu yang sangat lezat.

Resep Sambel Cumi Serta Cara Mengolah Cumi-cumi Agar Tidak Amis

 Resep Sambel Cumi Serta Cara Pengolahan Cumi

Cumi-cumi sering dijadikan lauk bersama nasi hangat yang nikmat namun, seringkali cumi menimbulkan bau amis sehingga menurunkan selera makan, pada resep ini cumi-cumi akan disambal pedas tanpa bau amis dengan pengolahan cumi yang benar, jadi tunggu apalagi !! mari kita masakkkkk.
Cara Mengolah Cumi :
1. Ambil tulang bening cumi dengan cara ditarik langsung atau dipotong dahulu cuminya
2. Cuci bersih cumi
3. Didihkan air yang dicampur 1 sdm garam
3. Masukkan cumi kedalam air mendidih 
4. Masukkan daun jeruk
5. Tutup hingga 2 menit lalu matikan api
6, Cumi siap digoreng tanpa bau amis dan tetap empuk.

Bahan :
1. Cumi (0,5 kg)
2. Garam (0.5 sdt)
3. Miwon (seujung sdt)
Bumbu halus :
2. Cabe Merah (15 buah)
3. Cabe Rawit (10 buah)
4. Tomat (1 buah)
5. Bawang Merah (5 siung)
6. Bawang Putih (3 siung)
Bumbu cemplung :
7. Sere (1 batang)
8. Laos (1 ruas jari)
9. Daun Jeruk (3 lembar)
Cara Memasak :
1. Siapkan bahan lalu Halus kan Bumbu sesuai bagiannya.
2. Goreng cumi yang telah diolah sebelumnya hingga matang bersama daun jeruknya, lalu tiriskan.
3. Tumis Bumbu halus dengan minyak goreng hingga harum
4. Masukkan Garam, Miwon, serta Bumbu cemplung yang tersisa.
5. Masukkan Cumi yang telah digoreng bersama sambal yang telah dibuat, kemudian aduk merata.
6. Sambal cumi siap disajikan dan disantap bersama nasi hangat.

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan, saran, dan kritik silakan tinggalkan komentarnya yaa, jika ingin konten menarik lainnya silakan cari di penelusuran ya, feedback kalian sangat berarti, see you guyss...

Contoh Soal Pendugaan Selang (Interval Estimation) Rata-rata Metode Statistika

Pendugaan Selang Kepercayaan (Confidence Interval Estimation) Rata-rata Metode Statistika

Pendugaan Selang (Interval Estimation) adalah penentuan suatu selang nilai yang dengan peluang yang besar mencakup nilai sebenarnya dari parameter yang diselidiki. Maka, pendugaan selang kepercayaan (Confidence Interval Estimation) rata-rata adalah pendugaan nilai rata-rata suatu populasi berdasarkan sampel yang diketahui, yang dinyatakan dalam suatu interval sehingga diharapkan di dalam interval tersebut mencakup nilai rata-rata populasi yang sebenarnya dan dinyatakan dalam suatu tingkat kepercayaan (confidence level), dihitung dengan rumus :
- Sampel besar dan Varians populasi diketahui maka :
- Sampel besar dan Varians populasi tidak diketahui maka (CLT) :
- Sampel kecil dan Varians populasi tidak diketahui maka :
DIMANA ASUMSI POPULASI BERDISTRIBUSI NORMAL HARUS TERPENUHI, JIKA POPULASI TIDAK BERDISTRIBUSI NORMAL MAKA GUNAKAN STATISTIK NONPARAMETRIK.
Contoh : Didalam suatu penelitian terdapat populasi 14 cup beras yang ingin dihitung berapa rata-rata jumlah beras yang ada disetiap cup beras tersebut. 
Peneliti memilih 5 sampel dari 14 populasi, yang diharapkan sampel tersebut dapat mewakili populasi, maka dengan menggunakan metode penarikan sampel tertentu didapatkan cup beras yang menjadi sampel adalah sebagai berikut :
Setiap sampel tersebut dihitung jumlah beras yang ada didalam cup tersebut, maka didapat data sebagai berikut :

Sampel

Jumlah Beras (Butir)

3

640

6

690

9

595

10

558

13

658

Maka kita dapat menghitung Pendugaan selang rata-rata beras di setiap cup dengan tingkat kepercayaan 90% berdasarkan data tersebut. Sebelum menghitung pendugaan selang rata-rata, kita harus mengidentifikasi soal terlebih dahulu :
- Asumsi populasi berdistribusi normal
- Sampel kecil
- Varians populasi tidak diketahui
Maka rumus pendugaan selang rata-rata yang digunakan adalah :
Keterangan :
Berdasarkan data diatas maka untuk menghitung pendugaan selang rata-rata diperlukan beberapa statistik sederhana sesuai rumus diatas, maka dapat diketahui sebagai berikut :
Jawab :
The confident Interval is :
Interpretasi : Dapat diyakini 90% bahwa rata-rata jumlah beras setiap cup yang diamati dari 5 sampel cup beras adalah di antara 578,48 butir sampai dengan 677,92 butir.

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat dan mudah dipahami, jika ada pertanyaan, saran, dan kritik silakan tinggalkan komentarnya yaa, see youuu...

Satu, dua ular berbisa
Kalian semua luar biasa

Gambar-gambar Gratis

 Gambar-gambar gratis by Lisma Dinayanti

1. Gambar Pemrograman/coding/sublime/pascal
Pemrograman,coding,sublime,pascal
Pemrograman/coding/sublime/pascal


2. Gambar Belajar/buku/matematika/notebook
Belajar/buku/matematika/notebook
Belajar/buku/matematika/notebook


Resep Pindang Ayam Kampung yang Pedas dan Lezat

Resep Pindang Ayam Kampung

Pindang merupakan masakan tradisional Indonesia bercita rasa pedas dan gurih rempah-rempah, masakan ini cocok disantap setiap hari sebagai lauk bersama nasi putih, cara membuat nya pun sangat sederhana sebagaimana yang akan dijelaskan dibawah ini :
Bahan :

1. Ayam Kampung (½ kg)
2. Garam (1 sdt)
3. Miwon (1 ujung sdt)
4. Kecap (2 - 3 sdm)
5. Daun Salam (3 lembar)
6. Asam Jawa atau Asam Kandis (1 buah)
7. Air (2 Liter)
Bahan Iris :
8. Bawang Merah (7 siung)
9. Cabe Merah (segenggam/secukupnya)
10. Cabe Rawit (15 batang untuk rasa pedas)
Bumbu Halus :
11. Bawang Putih (3 siung)
12. Serai (1 batang)
13. Jahe (seruas jari)
14. Kunyit (2 ruas jari)
15. Laos (3 ruas jari)
16. Ketumbar (1 sdm)
17. Daun Jeruk (1 lembar)
Cara Memasak :

1. Siapkan bahan lalu Iris dan Halus kan Bumbu sesuai bagiannya.
2. Tumis Bawang Merah, Bumbu Halus hingga Harum
3. Masukkan Ayam Kampung Bersama Bahan Tumis dan Aduk sebentar hingga merata
4. Masukkan Air (1,5 liter dulu) dan Rebus Hingga mendidih
5. Masukkan semua bahan yang belum dimasukkan (Cabe Merah, Cabe Rawit, Garam, Miwon, Kecap, Daun Salam, dan Asam)
6. Lalu Rebus Semua Bahan selama 50 menit
7. Cek secara berkala hingga ayam empuk, jika air kurang maka tambahkan lagi secukupnya hingga ayam empuk.
7. Cek Rasa
8. Sajikan Kedalam Piring dan siap disantap dengan Nasi Hangat.

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat, jika ada saran dan kritik silakan sampaikan di komentar, karena suara kalian sangat berharga bagi kemajuan blog ini, see you....

Rata-rata Lama Sekolah Penduduk Indonesia Tahun 2022 dan Perbandingannya dengan Negara Lain

Rata-rata Lama Sekolah Penduduk Indonesia Tahun 2022 

Rata-rata Lama Sekolah (RLS)/ Mean Years School (MYS) didefinisikan sebagai jumlah tahun yang digunakan oleh penduduk dalam menjalani pendidikan formal. Diasumsikan bahwa dalam kondisi normal rata-rata lama sekolah suatu wilayah tidak akan turun. Cakupan penduduk yang dihitung dalam penghitungan rata-rata lama sekolah adalah penduduk berusia 25 tahun ke atas. Penduduk yang tamat SD diperhitungkan lama sekolah selama 6 tahun, tamat SMP diperhitungkan lama sekolah selama 9 tahun, tamat SMA diperhitungkan lama sekolah selama 12 tahun tanpa memperhitungkan apakah pernah tinggal kelas atau tidak. RLS dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pedididikan masyarakat dalam suatu wilayah.
Contoh : RLS Indonesia pada tahun 2016 sebesar 7,95 tahun. Artinya, secara rata-rata penduduk Indonesia yang berusia 25 tahun ke atas telah menempuh pendidikan selama 7,95 tahun atau hampir menamatkan kelas VIII.
Rata-rata Lama Sekolah (RLS) adalah jumlah rata-rata tahun pendidikan yang diselesaikan dari suatu populasi, ukuran ini banyak digunakan untuk melihat sumber daya manusia suatu negara. Sejak tahun 2010, RLS digunakan sebagai salah satu dari dua indikator pendidikan (indikator pendidikan kedua adalah angka harapan hidup sekolah) dalam perhitungan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) (UNDP, 2010). Berikut perkembangan rata-rata lama sekolah penduduk Indonesia sejak 2010 hinggga 2022 :
Grafik tersebut menunjukkan bahwa rata-rata lama sekolah penduduk indonesia mengalami peningkatan sejak tahun 2010, dimana pada tahun 2022 RLS penduduk indonesia selama 8,69 tahun artinya secara rata-rata penduduk Indonesia yang berusia 25 tahun ke atas telah menempuh pendidikan selama 8,69 tahun atau hampir menamatkan SMA-sederajat.
Perbandingan dengan Negara Lain
Berdasarkan Human Development Reports Tahun 2021 oleh United Nations Development Programme (UNDP) menunjukkan bahwa Jerman menjadi negara dengan rata-rata lama sekolah tertinggi yaitu 14,1 tahun artinya secara rata-rata penduduk Jerman yang berusia 25 tahun ke atas telah menempuh pendidikan selama 14,1 tahun atau hampir menamatkan perguruan tinggi. Berikut ringkasan posisi rata-rata lama sekolah penduduk indonesia dibandingkan dengan negara lainnya :
Gambar tersebut menunjukkan bahwa rata-rata lama sekolah penduduk indonesia berada di peringkat 115 dari 191 negara, dan terlihat negara asean yang memiliki RLS tertinggi yaitu singapura di peringkat 42 selama 11,9 tahun artinya  secara rata-rata penduduk singapura yang berusia 25 tahun ke atas telah menempuh pendidikan selama 11,9 tahun atau telah menempuh Perguruan Tinggi. 
Menurut UU No.2 Tahun 1989, Sekolah adalah satuan pendidikan yang berjenjang dan berkesinambungan untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, sehingga fungsi sekolah sangat penting untuk melaksanakan pendidikan yang menjadi tonggak pembentukan sumber daya manusia Indonesia, harapannya pendidikan indonesia yang tinggi memberikan kontribusi maksimal pada kemajuan Indonesia. Dengan asumsi pendidikan dijalankan dengan baik diiringi dengan pengalaman yang baik.

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat, jika ada saran dan kritik silakan sampaikan di kolom komentar ya, suara kalian sangat berarti, see you guys....

Referensi : bps.go.id , hdr.undp.org

Catatan Hati Pendidikan Indonesia part 1

"There is No Stupid Question"
Bapak Ibu guru sekalian kami tahu betul kalian sangat berilmu dan jauh diatas sana ilmu serta pengalamannya dibanding kan kami, kami tidak pernah bermaksud berpendapat salah ataupun mendahului, kami salah karena keliru dan ketidaktahuan kami, kami tidak bermaksud mendahului namun terkadang banyak kebingungan yang tersampaikan, respon mu yang dingin membuat kami betul-betul takut untuk bertanya ataupun berpendapat lagi, barangkali inilah takdir pendidikan Indonesia yang harus dijalani murid nya yang dalam perjalanan nya harus menahan hati dan pikiran nya yang luas, untuk guru/dosen kami yang betul-betul kami hormati dan kami banggakan serta akan selalu kami harapkan ridho mu dalam perjalanan pembelajaran kami, Terimakasih atas jasamu, semoga apa yang telah engkau berikan dapat bermanfaat bagi diri kami sendiri dan orang lain, dan meski terasa salah atas apa yang bapak/ibu lakukan sehingga banyak murid senasib yang pada akhirnya memilih bungkam dan tidak ingin membuka mulut untuk menyampaikan ketidaktahuan nya, tentu tidak sampai hati kami dapat menyalahkan mu. Doa dan Harapan selalu menyertai kemajuan Pendidikan Indonesia
Salah satu sumber pendukung cerita realita tersebut adalah postingan YouTube Shorts Jerhemy Owen berjudul "PENDIDIKAN INDO VS BELANDA⁉️🇮🇩🇳🇱 PENGALAMAN PRIBADI!" , inti pada postingan tersebut bahwa Perbedaan Pendidikan Belanda dan Indonesia adalah pada saat muridnya bertanya, murid yang bertanya atau beropini di Belanda akan selalu di apresiasi oleh guru/dosennya sedangkan di Indonesia murid yang bertanya atau beropini akan diberi respon yang tidak mengenakan seperti "kan tadi udah dijelasin, kamu gak dengerin ya", bahkan kadang ada guru yang justru marah, dan tentu dampaknya bikin murid-murid di Indonesia termasuk Jerhemy Owen tidak percaya diri. Berikut beberapa respon publik atas postingan tersebut :

Disclaimer : Cerita ini berdasarkan pengalaman pribadi dan sumber pendukung, tidak bermaksud merendahkan siapapun, profesi guru sangat mulia, dan banyak juga guru yang profesional dan penuh apresiasi, namun terkadang ada beberapa hal yang terjadi sehingga perlu dijadikan evaluasi.
Terima kasih telah membaca !, silakan tinggalkan komentar, pendapat kalian sangat berharga!!. love you guyss...never give up!

Referensi : Channel Youtube Jerhemy Owen

Pengembangan atau Penerapan IPTEK di Indonesia yang Sesuai dengan Pancasila (Internet Positif)

Pengembangan atau Penerapan IPTEK di Indonesia yang Sesuai dengan Pancasila

Perkembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila sehingga Pancasila berperan sebagai rambu normatif yaitu mampu mengendalikan iptek agar tidak keluar dari cara berpikir dan cara bertindak bangsa Indonesia. Salah satu Penerapan IPTEK di Indonesia yang sesuai dengan Pancasila adalah kebijakan “Internet Positif” yang dikembangkan oleh Kominfo. Program Internet Positif pertama kali diluncurkan dengan nama Trust+Positif pada tanggal 17 Juli 2014. Program ini dimaksudkan untuk memberikan layanan internet yang aman dengan memberikan akses internet berdasarkan daftar informasi yang sehat dan terpercaya.

Program tersebut akan menyaring seluruh konten yang ada di internet supaya tidak bisa secara sembarangan dapat diakses oleh setiap orang. Internet Positif membatasi situs-situs terlarang yang bisa berdampak terhadap perusakan moral bangsa seperti Pornografi, Judi Online, Penipuan, dan Web Ilegal lainnya. Pada tahun 2017 tercatat 773 ribu situs diblokir Kemkominfo dalam setahun, Kategori pornografi yang paling banyak diblokir dengan Jumlah 767 ribu, disusul pula dengan perjudian dengan angka 3,775 dan penipuan sebesar 848. Kemudian HKI sebesar 174. Sementara situs yang bermuatan radikalisme berjumlah 87 dan SARA sebesar 51. Tak hanya itu, media sosial pun tak luput dari pantauan Kemkominfo. Kemkominfo memantau tiga media sosial, yakni Twitter, Facebook, dan YouTube. Dari ketiganya itu, berdasarkan data di tahun 2015, pengguna Twitter paling banyak menyebarkan konten negatif dibandingkan dengan dua media sosial lainnya sebesar 1.833. Sementara Facebook berjumlah 840 dan YouTube 861. Dan Angka pemblokiran itu terus bertambah hingga sekarang.
Kebijakan ini jelas menunjukkan arah yang positif yaitu memfilter dan berusaha membatasi konten-konten negatif agar tidak mempengaruhi moral bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila, tentu Kebijakan ini selaras dengan Implementasi sila Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab serta Persatuan Indonesia. Konten negatif jelas tidak di izinkan oleh agama manapun, dan Konten negatif juga dapat merugikan orang lain sehingga bertentangan dengan nilai-nilai Kemanusiaan yang adil dan beradab, serta Konten negatif seperti radikalisme dan SARA sangat bertentangan dengan Nilai Persatuan Indonesia, maka Program Internet Positif Pemerintah Indonesia betul-betul memiliki arah kebijakan yang sesuai dengan Tujuan Pancasila.

Referensi : kominfo.go.id