Rata-rata Lama Sekolah Penduduk Indonesia Tahun 2022 dan Perbandingannya dengan Negara Lain

Rata-rata Lama Sekolah Penduduk Indonesia Tahun 2022 

Rata-rata Lama Sekolah (RLS)/ Mean Years School (MYS) didefinisikan sebagai jumlah tahun yang digunakan oleh penduduk dalam menjalani pendidikan formal. Diasumsikan bahwa dalam kondisi normal rata-rata lama sekolah suatu wilayah tidak akan turun. Cakupan penduduk yang dihitung dalam penghitungan rata-rata lama sekolah adalah penduduk berusia 25 tahun ke atas. Penduduk yang tamat SD diperhitungkan lama sekolah selama 6 tahun, tamat SMP diperhitungkan lama sekolah selama 9 tahun, tamat SMA diperhitungkan lama sekolah selama 12 tahun tanpa memperhitungkan apakah pernah tinggal kelas atau tidak. RLS dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pedididikan masyarakat dalam suatu wilayah.
Contoh : RLS Indonesia pada tahun 2016 sebesar 7,95 tahun. Artinya, secara rata-rata penduduk Indonesia yang berusia 25 tahun ke atas telah menempuh pendidikan selama 7,95 tahun atau hampir menamatkan kelas VIII.
Rata-rata Lama Sekolah (RLS) adalah jumlah rata-rata tahun pendidikan yang diselesaikan dari suatu populasi, ukuran ini banyak digunakan untuk melihat sumber daya manusia suatu negara. Sejak tahun 2010, RLS digunakan sebagai salah satu dari dua indikator pendidikan (indikator pendidikan kedua adalah angka harapan hidup sekolah) dalam perhitungan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) (UNDP, 2010). Berikut perkembangan rata-rata lama sekolah penduduk Indonesia sejak 2010 hinggga 2022 :
Grafik tersebut menunjukkan bahwa rata-rata lama sekolah penduduk indonesia mengalami peningkatan sejak tahun 2010, dimana pada tahun 2022 RLS penduduk indonesia selama 8,69 tahun artinya secara rata-rata penduduk Indonesia yang berusia 25 tahun ke atas telah menempuh pendidikan selama 8,69 tahun atau hampir menamatkan SMA-sederajat.
Perbandingan dengan Negara Lain
Berdasarkan Human Development Reports Tahun 2021 oleh United Nations Development Programme (UNDP) menunjukkan bahwa Jerman menjadi negara dengan rata-rata lama sekolah tertinggi yaitu 14,1 tahun artinya secara rata-rata penduduk Jerman yang berusia 25 tahun ke atas telah menempuh pendidikan selama 14,1 tahun atau hampir menamatkan perguruan tinggi. Berikut ringkasan posisi rata-rata lama sekolah penduduk indonesia dibandingkan dengan negara lainnya :
Gambar tersebut menunjukkan bahwa rata-rata lama sekolah penduduk indonesia berada di peringkat 115 dari 191 negara, dan terlihat negara asean yang memiliki RLS tertinggi yaitu singapura di peringkat 42 selama 11,9 tahun artinya  secara rata-rata penduduk singapura yang berusia 25 tahun ke atas telah menempuh pendidikan selama 11,9 tahun atau telah menempuh Perguruan Tinggi. 
Menurut UU No.2 Tahun 1989, Sekolah adalah satuan pendidikan yang berjenjang dan berkesinambungan untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, sehingga fungsi sekolah sangat penting untuk melaksanakan pendidikan yang menjadi tonggak pembentukan sumber daya manusia Indonesia, harapannya pendidikan indonesia yang tinggi memberikan kontribusi maksimal pada kemajuan Indonesia. Dengan asumsi pendidikan dijalankan dengan baik diiringi dengan pengalaman yang baik.

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat, jika ada saran dan kritik silakan sampaikan di kolom komentar ya, suara kalian sangat berarti, see you guys....

Referensi : bps.go.id , hdr.undp.org

0 komentar:

Posting Komentar