Rekomendasi dan Tips Belajar Investasi Saham dari Nol yang Lengkap dan Gratis

Rekomendasi dan Tips Belajar Investasi Saham dari Nol yang Lengkap dan Gratis

Secara umum, pengertian dari investasi adalah penanaman aset atau dana oleh sebuah perusahaan atau perorangan. Penanaman dana ini untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan (dengan analisis yang tepat). Instrumen investasi ada bermacam-macam dengan tingkat pengembalian yang berbeda-beda. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang diyakini dapat memberikan imbal hasil yang relatif tinggi di masa depan. Investasi Saham sangat penting dilakukan sejak muda karena merupakan bagian plan hidup yang sangat menjanjikan di masa depan jika dilakukan dengan benar. Berikut beberapa alasan pentingnya Investasi Saham dilansir dari laman ajaib.co.id :
-Keuntungan Tinggi dan Profit yang Maksimal (Jika dilakukan dengan analisis yang tepat)
-Investasi Jangka Panjang untuk Masa Depan
-Modal Relatif Kecil (Harga saham bisa sangat murah mulai dari Rp.5000 hingga Puluhan juta)
-Cara Bertransaksi Mudah
-Waktunya Fleksibel (Mengikuti Waktu Pasar Saham dan kita cukup mempertimbangkan waktu beli dan jual yang tepat)
-Sifatnya Transparan dan Likuid
-Aman Karena Dijamin Pemerintah (Sekuritas Resmi bukan abal-abal yang viral)
1. Mulai mengenal sekuritas dan Jual Beli Saham dari Channel Youtube Raditya Dika 
Pada channel ini yang diperkenalkan adalah sekuritas Ipot namun teman-teman dapat menyesuaikan kondisi teman-teman yang sedang tertarik atau sudah menggunakan sekuritas lain, itu tidak masalah karena istilah yang digunakan tetap sama tinggal menyesuaikan penggunaan tool aplikasi nya saja, dan terdapat perbedaan fee pada setiap sekuritas. Link youtubenya :  Gini_Lho_Cara_Beli_Saham
2. Teori Dasar dan Analisis Investasi Saham dari Channel Youtube Andy Senjaya 
Pada channel ini kalian akan dijelaskan mulai dari memahami apa itu saham hingga pentingnya melakukan analisis teknikal dan fundamental yang tepat sebelum membeli/menjual saham. Terdapat 24 Video dalam playlist kelas trading si koko saham (SKS) yang dapat kalian simak secara gratis. Link youtubenya : Belajar_Saham_Dari_0
Penting sekali dalam mempelajari saham, setidaknya teman-teman sudah memiliki sekuritas/sudah install aplikasi sekuritas sebagai sarana transaksi jual beli saham, karena hal ini sangat membantu teman-teman dalam memahami pembelajaran investasi saham dari nol. Jadi tidak hanya mendengar dan melihat teori tetapi langsung mencoba sendiri.
Artikel ini saya tujukan kepada teman-teman yang sedang berusaha dan ingin memulai berinvestasi saham, dan rekomendasi tersebut berdasar dari pengalaman penulis yang sejak 2019 terus belajar terkait investasi saham, menurut saya rekomendasi ini cukup bagi teman-teman pemula untuk memahami investasi saham dan memulai bertransaksi saham. selanjutnya teman-teman dapat mencari secara mandiri masalah yang ditemui selanjutnya melalui berbagai buku ataupun platform. Berikut beberapa tips dari penulis dalam belajar investasi saham :
1. Rajin dan Jangan Bosan Belajar
2. Ikuti banyak forum yang sering diskusi saham (contoh : grup investasi saham di telegram)
3. Segera searching istilah-istilah yang tidak dipahami
4. Coba pahami analisis orang lain yang sering ditemui di media sosial
5. JANGAN pernah terpancing untuk membeli/menjual saham berdasarkan saran orang lain apalagi bersumber dari Influencer (Kecuali jika kalian memang punya hubungan kerja dengan Ahli Analisis Saham yang jelas)
6. Beli dan Jual Saham harus Berdasarkan Analisis Teknikal dan Fundamental yang telah kalian lakukan sendiri dengan penuh Dasar Keilmuan dan Data yang Jelas
7. Berpikir Investasi bukan Instan
8. Jangan Pernah berhenti belajar (Ini sangat penting dalam perjalanan investasi, karena akan muncul masalah baru yang harus diselesaikan dengan Ilmu baru, sehingga kalian akan menjadi investor yang lebih baik dan semakin bijak)
9. Selalu waspada, bertanggung jawab dan jangan lupa berdoa

Biasanya hal yang akan kalian rasakan saat pertama kali menerima keuntungan Investasi adalah berkhayal akan langsung menjadi sultan, padahal dalam perjalanannya banyak hal yang harus dipelajari dari situasi ekonomi global dan nasional, financial market dan real market harus terus dipantau.
"Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi"
Terima Kasih telah membaca, semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan, saran, dan kritik silakan berikan komentarnya, feedback kalian sangat berarti bagi pengembangan blog ini dan diri penulis, healing for everyone, see you...

0 komentar:

Posting Komentar